V-xion vs RX-King Duel raja di jamannya

Yak bung kemaren kan kita udah ngobrolin dua jagoan Suzuki yang berketurunan dan sama sama rajanya motor bebek di masanya. Sekarang kita obrolin tentang motor sport Yamaha yang sama-sama jadi raja di kelasnya pada masanya yaitu si jambret RX-King dan V-xion si motor sport masa kini dengan teknologi yang banyak menjadi perbincanga yaitu fuel injection.Pabrikan lain juga sulit sekali mendekati kuncinya adalah teknologi tinggi tanpa overprice yang selalu diterapkan yamaha jadi teknologinya gak dikit tapi juga gak selangit yang bikin harganya melonjak. Butuh bukti ketika jaman RX-King ada juga Ninja R yang masih ada sampai sekarang namun harganya tinggi banget karena sudah aplikasi KIPS sementara King baru energy induction secara spesifikasi memang kalah tapi harga si jambret jauh dibawah dan tenganya measih kerasa kok makanya RX-King bisa idup dari tahun 80 an sampe 2008 baru disuntik mati. Sementara V-xion dapet saingan di kelas Fuel Injection 150cc yaitu CBR 150r juga serupa CBR yang tenaganya cukup jauh lebih tinggi malah keok sama V-Xion akibat over price yang harga CBR lebih dari 30 juta sementara si fixi cuma 20an juata.

 

1.RX-King

Motor yang survive selama 20an tahun ini memang pengubah pandangan orang terhadap mesin dua langkah Menjadi sebuah motor kencang dengan adanya teknologi energy induction. Motor yang sangat legendaris ini juga tidak pernah melakukan major facelift sampai 2008 bodynya hampir sama dengan pendahulunya. motor ini juga tekenal dengan motor jambret dengan mesin kencangnya mesin over squarenya bisa memuntahkan tenaga sampai 18ps hampir setara dengan Satria FU yang menggunakan mesin DOCH. Satu-satunya yang kurang dari motor ini adalah emisinya yang tinggi banget apalagi kalo dibandingin ama Ninjanya Kawasaki.  Kalo kita liat motor ini memang memiliki kesan sangar,galak,serem dan klasik yang emang dibuat kaya ular kobra yang lagi ngejer mangsa.

 

MESIN

Tipe Mesin : 2 Langkah, Air Cooled

Diameter x Langkah : 58,0 x 50,0 mm

Volume Silinder : 132 cc

Perbandingan Kompresi : 6,9 : 1

Kopling : Manual, Basah, Multiplat

Susunan Silinder : Satu/Miring

Gigi Transmisi : 5 Kecepatan

Pola Pengoperasian Gigi : 1-N-2-3-4-5

Karburator : VM 26 x 1 MIKUNI

Kapasitas Oli Samping : 1 Liter

Baterai : GM 3-3B/12,3

Busi : BP 8HS-10

Sistem Pengapian : CDI

Sistem Pelumas : Autolube

 

SUSPENSI/BAN

Suspensi Depan : Teleskopik

Suspensi Belakang : Swing Arm

Ukuran Ban Depan : 2.75-18-4 PR

Ukuran Ban Belakang : 3.00-18-4 PR

 

CHASSIS

Berat Kosong : 100 kg

Tipe Rangka : Double Cradle

Kapasitas Tangki : 9,5 Liter

Jarak Sumbu Roda : 1245 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 160 mm

Jarak Tempat Duduk : 770 mm

 

PERFORMA

Dimensi PxLxT : 1970 x 735 x 1065 mm

Sistem Starter : Kick

Daya Maksimum : 18,5 PS/9.000 RPM

Torsi Maksimum : 1.54 KGF.M/8.000 RPM

 

SISTEM PENGEREMAN

Rem Depan : Cakram Double Piston

Rem Belakang : Tromol

 

 2.V-xion

walaupun banyak orang yang bilang king gak ada penggantinya, ane juga setuju lah cuman motor yang satu ini memang cocok kok untuk senggaknya mengisi kekosongan motor jagoan yamaha setelah wafatnya RX-Jambret. Bergaya mirip yaitu naked bike cuman yang ini rangkanya sudah Delta Box untuk handling yang lebih mantap, single shock, dan model lebih futuristik dengan bodi berlekuk tajam disana-sini walaupun mengurangi ke gaharan. Mesinnya pun berubah total kubikasi diubah menjadi 150cc SOCH dan Fuel Ijection. Akibatnya emisi menurun super drastis gak ada lagi kenalpot kaya fogging cuman performa juga turun hingga 4 horse power dan torsinya juga menurun bahkan torsi V-Xion lebih rendah dibandingkan dengan Jupiter MX akibat kompresinya yang hanya 10,4. Teknologinya juga suda manjur mengurangi yang namanya kurang tenaga FI,diasil silinde sampai fogged piston juga sudah di tancapkan. Tapi sayang mesinnya yang masis SOCH dengan mudah diasapi Satria FU dan CBR 150. tapi dengan teknologi FI dan kawan-kawan 23 jt udah tinggi kok value for moneynya makanya dia laku. Tapi kurang sreg juga sih karena rem tromol belakang bahkan FU pun yang kelasnya dibawah ama cuma 18 jeti udah pake.

 

 

 

MACHINE

Tipe Mesin

:

4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan

Jumlah / Posisi Silinder

:

Cylinder Tunggal / Tegak

Volume Silinder

:

149,8 cc

Diameter x Langkah

:

57,0 × 58,7 mm

Perbandingan Kompresi

:

10,40 :1

Daya Maksimum

:

11,1 kW / 8500 rpm (14.88hp)

Torsi Maksimum

:

13,1 Nm / 7500 rpm

Sistem Starter

:

Electric Starter dan Kick Starter

Sistem Pelumasan

:

Basah

Kapasitas Oli Mesin

:

Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter

Sistim Bahan Bakar

:

Throtlle body AC 28 -1

Tipe Kopling

:

Basah, Kopling Manual, Multiplat

Tipe Transmisi

:

Return, 5 Kecepatan

Pola Pengoperasian Transmisi

:

1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

 

 

 

 Jadi kesimpulannya buat anda yang suka ngebut boleh tuh King second ngopreknya gampang kencang dasarnya juga udah kenceng. Tapi bagi anda yang sukanya woles-woles aja V-Xion cocok nih apalagi dasarnya sudah high tech cuman katanya ya susah di modif……………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s